Sebuah eksistensi Mata Pelajaran Produktif adalah Roh inti dari pembelajaran di tingkat SMK. Untuk itu perlu dikembangkan model-model pembelajaran dengan berbagai macam model diantaranya micro learning, berdiferensiasi, dan lain-lain. Yang didalamnya terdapat berbagai macam pola pembelajaran yang memuat berbagai macam konten diantaranya audio, video, atau gabungan dari berbagai media yang lebih dikenal dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
Sebagai pendidik di produktif TKJ SMKN 1 Bancak, tentunya saya mencoba mengimplementasikan berbagai macam media pembelajaran agar maksud dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dapat terlaksana sesuai target pembelajaran yang sudah ditentukan. Salah satu media yang saya kembangkan dan gunakan adalah Model Pembelajaran Micro Learning dengan dasar pengembangan konten berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini, saya melihat antusiasme peserta didik untuk mengikuti pembelajaran sangat tinggi.
Saya membuat dan mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3, dimana saya lebih familier dan mudah untuk memahami tool-tool yang ada digunakan untuk membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif ini.
Implementasi Penggunaan Micro Learning berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif ini pertama kali saya perkenalkan kepada siswa saya kelas XII TKJ 3. Melihat respon dan antusias siswa yang luar biasa positif, dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi, selain itu mereka dapat berulang-ulang melihat dan memahami sebuah materi, dan yang utama adalah mereka bisa belajar dari mana, dimana, dan kapan saja.
Mari bergerak untuk berbagi dan berkolaborasi wujudkan Merdeka Belajar!
#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
#MerdekaBelajar
#SahabatTeknologi
#SahabatTeknologiJateng
#PembaTIK2023
#PembaTIKLevel4
#BerbagiBerkolaborasi
#KamuBisaAkuyaBisa
Posting Komentar